Reksa Dana Saham, Potensi Imbal Hasil Tinggi Tapi Risiko Besar?

Apa Saja Biaya Yang Dibayar Oleh Investor Reksa Dana
Apa Saja Biaya yang Dibayar oleh Investor Reksa Dana?
March 11, 2020
Ketahui Hak-hak Investor Reksa Dana
Ketahui Hak-hak Investor Reksa Dana
March 24, 2020
Show all

Reksa Dana Saham, Potensi Imbal Hasil Tinggi Tapi Risiko Besar?

Reksa Dana Saham, Potensi Imbal Hasil Tinggi Tapi Risiko Besar?

Reksa Dana saham merupakan instrumen investasi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat karena tingginya potensi imbal hasil yang dapat diperoleh. Namun perlu diingat, dalam dunia investasi berlaku prinsip semakin tinggi potensi imbal balik maka semakin tinggi pula risikonya.

Cara Kerja Reksa Dana Saham

Cara kerja Reksa Dana saham berbeda dengan investasi saham secara langsung. Untuk Reksa Dana Saham, investor tidak perlu turun tangan langsung untuk melakukan analisis harga pasar saham karena dana investasi Anda akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) secara profesional.

Reksa Dana saham berinvestasi 80% pada saham perusahaan yang ditawarkan melalui Penawaran Umum dan/atau diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia maupun Bursa Efek Luar Negeri. Maka dari itu, tidak semua perusahaan bisa dibeli sahamnya oleh Reksa Dana. Hal ini bertujuan untuk melindungi para investor dari kerugian atau investasi bodong.

Reksa Dana saham cukup aman untuk dijadikan investasi jangka panjang karena ada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengawasi dan mengatur cara kerja Reksa Dana Saham ini. Dengan catatan proses pembelian Reksa Dana anda lakukan dengan benar, misalnya membeli Reksa Dana yang sesuai dengan profil risiko (jika profil risiko agresif, anda dapat memilih Reksa Dana Saham), yang paling penting pahami bahwa Reksa Dana tidak dapat menjanjikan imbal hasil pasti, hindari Manajer Investasi yang menawarkan/menjanjikan imbal hasil pasti.

Beberapa upaya yang dilakukan oleh OJK untuk melindungi investor,  antara lain dengan  cara mengatur perilaku investasi Reksa Dana saham itu sendiri, misalnya:

  • Reksa Dana tidak diperkenankan untuk membeli saham yang ada di Bursa Efek Luar Negeri dimana informasinya tidak bisa diakses di Indonesia melalui internet ataupun media masa.
  • Investasi Reksa Dana saham pada satu pihak dibatasi maksimal 10% dari NAB.
  • Reksa Dana tidak diperkenankan menguasai modal perusahaan dari saham terkait lebih dari 5%.

Perlu diketahui, bahwa tidak semua portofolio Reksa Dana saham ditempatkan pada saham. Ada sebagian dari dana yang dikelola ditempatkan dalam bentuk cash maupun deposito untuk menjada likuiditas atau redemption sewaktu-waktu.

Reksa Dana saham wajib melakukan investasi  minimal 80% pada saham dan sisanya dapat berupa cash atau instrumen pasar uang seperti deposito. Hal ini bertujuan untuk menjaga likuiditas dan memudahkan investor jika ingin mencairkan unit penyertaan dengan lebih cepat karena ada kemungkinan menjual dan mencairkan saham secara mendadak akan merugikan dan menurunkan nilai portofolio karena harga pasar selalu fluktuatif.

Return dan Risk Reksa Dana Saham

Return dan risk merupakan dua unsur yang saling berhubungan. Jadi, jika potensi return atau imbal hasil tinggi maka resikonya juga semakin tinggi. Mengingat fluktuasi harga saham yang sulit diprediksi, maka tingkat keuntungan serta kerugiannya bisa naik dan turun secara drastis bahkan bisa sampai ke level yang paling tinggi dan paling rendah. Memahami, return dan risk ini sangat penting untuk mendapatkan Reksa Dana terbaik.

Reksa Dana saham bisa menjadi instrumen investasi bagus dengan tujuan keuangan jangka panjang jika anda lakukan dengan benar. Sebelum berinvestasi, pahamilah terlebih dahulu cara kerja Reksa Dana, manfaat, serta risiko yang ada pada Reksa Dana. Pahami juga profil risiko diri sendiri, agar bisa membantu anda memilih Reksa Dana yang tepat bagi anda. Jika anda memiliki profil risiko agresif, anda dapat memilih berinvestasi pada Reksa Dana Saham. Ingatlah bahwa Reksa Dana merupakan produk investasi yang tidak dapat menjanjikan imbal hasil pasti. Pilihlah Manajer Investasi dan Reksa Dana dengan benar. Baca dan pahami prospekus Reksa Dana, untuk memberikan gambaran tentang Reksa Dana yang akan anda beli. Anda juga bisa menambah pengetahuan dengan membaca fund fact sheet Reksa Dana, karena fund fact sheet Reksa Dana berisi uraian singkat mengenai Reksa Dana.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *