Reksa Dana Semakin Populer, nih! Ini Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Reksa Dana

Trik Siapkan Dana Uang Muka untuk Beli Rumah Impian
May 31, 2019
3 Hal Berguna yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menunggu Tanggal Wisuda
May 31, 2019
Show all

Reksa Dana Semakin Populer, nih! Ini Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Reksa Dana

Jika kamu memperhatikan berita mengenai ekonomi akhir-akhir ini, pasti kamu tahu bahwa nilai Rupiah benar-benar fluktuatif. Hal ini yang menjadikan beberapa orang mulai memperhatikan pentingnya memiliki dana simpanan seperti tabungan, deposito dan investasi untuk mengantisipasi nilai Rupiah yang semakin sulit diprediksi. Salah satu jenis investasi yang saat ini cukup populer terdengar ditelinga kita adalah Reksa Dana. Banyak orang yang saat ini berlomba-lomba untuk dapat berinvestasi melalui Reksa Dana. Hal ini dikarenakan jenis investasi ini lebih mudah, menjanjikan keuntungan yang cukup besar dibandingkan tabungan dan deposito dan tergolong murah bagi para pemodal awal. Kemudahan Reksa Dana adalah para investor tidak perlu mengamati bagaimana modalnya digunakan untuk mendapatkan keuntungan. Hal tersebut dikarenakan modal yang ditanamkan oleh investor akan dikelola oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi adalah sebuah perusahaan yang menghimpun dana-dana dari pemodal untuk kemudian diputar dalam pasar modal. Hal kedua yang membuat Reksa Dana begitu populer adalah nominal modal awal yang sangat terjangkau. Cukup dengan Rp10,000 saja, seseorang dapat menanamkan modal dalam investasi jenis ini.

Dilihat secara keuntungan dan kemudahan dalam Reksa Dana, pasti membuat kamu tertarik untuk ikut serta mempelajari mengenai jenis investasi ini, bukan? Ada beberapa hal mendasar yang harus kamu ketahui. Pada dasarnya, secara waktu investasi Reksa Dana ini dibagi menjadi dua: Reksa Dana Terbuka dan Reksa Dana Tertutup. Berdasarkan Penjelasan Undang-undang No.8 tahun 1995 tentang Pasar Modal, pada pasal 18 ayat 2, Reksa Dana Terbuka merupakan jenis Reksa Dana yang dapat memberikan penawaran dan membeli kembali saham-saham atau unitnya dari pemodal sampai dengan sejumlah modal yang telah dikeluarkan. Dengan kata lain, Reksa Dana ini dapat dibeli kapanpun tanpa ada waktu batasan, selain itu bentuk dari Reksa Dana ini berbasis efek langsung dan konvensional. Jenis-jenis Reksa Dana terbuka pun ada bermacam-macam berdasarkan tingkat resikonya yakni; Reksa Dana Pasar Uang dengan tingkat keuntungan dalam bunga mencapai 2% pertahunnya, Reksa Dana Saham dengan bunga pertahun bisa mencapai 5%, Reksa Dana Pendapatan tetap dan Reksa Dana Campuran dengan bunga bisa mencapai 10% pertahun. Masing-masing Reksa Dana yang diklasifikasikan berdasarkan tingkat resikonya tersebut juga memiliki persentase keuntungan yang berbeda. Semakin tinggi persentase keuntungan yang ada, maka tingkat resikonya pun semakin besar.

Berbeda dengan Reksa Dana Terbuka, Reksa Dana Tertutup merupakan investasi Reksa Dana yang pembelian sahamnya tidak dapat dilakukan kembali apabila saham-saham atau unitnya telah dijual kepada investor. Ada beberapa bentuk reksa dana tertutup, salah satunya adalah reksa dana terproteksi yang mayoritas portofolionya merupakan obligasi dan efek utang. Berbeda dengan Reksa Dana Terbuka yang dapat dijual dan dibeli kapanpun, Reksa Dana Tertutup ini menahan modal investor dalam waktu tertentu hingga jatuh tempo. Reksa Dana jenis ini disarankan bagi para pemodal jika memiliki tujuan investasi jangka panjang. Namun, apabila kamu masih termasuk pemodal awal, sebaiknya kamu memilih Reksa Dana Terbuka agar lebih mudah baik dalam penjualan atau pembelian modal. Itulah hal-hal dasar yang harus kamu ketahui mengenai Reksa Dana. Apakah kamu tertarik menjadi pemodal dengan investasi Reksa Dana? Jangan lupa untuk cari banyak informasi terlebih dahulu ya sebelum memutuskan jenis Reksa Dana apa yang ingin kamu pilih. Pastikan pilihan investasi kamu sesuai dengan tujuanmu.

Sumber : finansialku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *