Reksa Dana Syariah

istilah-umum-dalam-investasi-reksa-dana
Istilah Umum Dalam Investasi Reksa Dana
March 25, 2022
Show all

Reksa Dana Syariah

reksa-dana-syariah

Saat ini, Reksa Dana syariah merupakan investasi yang menarik bagi masyarakat yang ingin berinvestasi sesuai dengan syariat Islam.
Reksa Dana syariah adalah Reksa Dana yang pengelolaannya tidak bertentangan dengan prinsip syariah di Pasar Modal. Penerbitan Reksa Dana Syariah wajib mendapatkan pernyataan kesesuaian syariah yang diterbitkan oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) dari Manajer Investasi atau Tim Ahli Syariah.

Pada Reksa Dana Syariah terdapat DPS yang bertugas memastikan pemenuhan prinsip syariah di Pasar Modal secara berkelanjutan.

Reksa Dana Syariah berinvestasi pada saham yang dimuat dalam Daftar Efek Syariah (DES), Sukuk, instrumen pasar uang syariah, dan efek syariah lainnya yang ditetapkan OJK. Pada Reksa Dana Syariah terdapat mekanisme pembersihan kekayaan Reksa Dana Syariah (cleansing) dari unsur yang bertentangan dengan prinsip syariah di Pasar Modal.

Pembersihan kekayaan Reksa Dana Syariah dari dana yang tidak dapat diakui sebagai Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana Syariah dilakukan terhadap sumber dana berupa jasa giro, bunga atas penempatan kas pada rekening bank konvensional, selisih lebih harga jual dari efek atau instrumen pasar uang yang penjualannya melebihi 10 hari kerja, dan pendapatan non halal lainnya. Dana yang tidak dapat diakui sebagai NAB ini wajib digunakan dan disalurkan untuk kemaslahatan umat dan kepentingan umum yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *