Siapkan Dana Darurat Dengan Reksa Dana Pasar Uang

persepsi-salah-tentang-reksa-dana-pendapatan-tetap
Persepsi Salah Tentang Reksa Dana Pendapatan Tetap
November 4, 2020
Show all

Siapkan Dana Darurat Dengan Reksa Dana Pasar Uang

siapkan-dana-darurat-dengan-reksa-dana-pasar-uang

Dana darurat merupakan salah satu alokasi dana yang cukup penting bagi setiap individu. Dana darurat disiapkan sebagai uang yang akan digunakan pada saat terjadi situasi yang sulit dan membutuhkan dana cepat.

Fungsi dari dana darurat adalah untuk memenuhi kebutuhan dana untuk keadaan darurat sehingga kita tidak perlu mencari dana apalagi harus berhutang. Banyak contoh situasi darurat yang membutuhkan dana cepat. Misalnya ketika kita atau anggota keluarga lainnya mengalami sakit atau kecelakaan. Pengobatan atau penanganan di rumah sakit pasti membutuhkan biaya yang tinggi.

Selain itu, misalnya kita kehilangan pekerjaan atau bisnis mengalami kebangkrutan. Saat kita kehilangan pekerjaan artinya sumber penghasilan hilang. Pentingnya dana darurat ini ialah dana yang kita simpan sebagai dana darurat paling tidak bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarga selama kita mencari pekerjaan baru.

Berapa Jumlah Dana Darurat yang Harus Dipersiapkan?

Untuk menghitung jumlah dana darurat yang dibutuhkan, sebenarnya bukan dihitung dari penghasilan bulanan, namun dari total pengeluaran bulanan. Mengapa dihitung dari total pengeluaran bulanan? Karena dana darurat juga tergantung dari status dan jumlah tanggungan dalam keluarga.

Ideal atau rata-rata dana darurat yang harus dipersiapkan ialah 3 hingga 6 kali dari jumlah pengeluaran bulanan. Misalnya, jika total pengeluaran bulanan kamu sebesar Rp 2 juta maka total dana darurat yang harus dimiliki ialah Rp 6 – 12 juta. Artinya, jika saat ini terjadi keadaan mendesak yang menyebabkan kamu kehilangan sumber pendapatan maka paling tidak kamu masih bisa bertahan hidup dengan dana darurat yang dimiliki selama 3 hingga 6 bulan ke depan.

Tentu kebutuhan untuk dana darurat tidak bisa disamakan setiap orangnya. Status dan tanggungan cukup mempengaruhi. Semakin banyak jumlah tanggungan maka semakin besar pengeluaran bulanan maka semakin besar pula jumlah dana darurat yang dibutuhkan.

Produk Keuangan Sebagai Penyimpanan Dana Darurat

Selain itu, hal penting yang harus diperhatikan ketika mempersiapkan dana darurat ialah harus rendah risiko dan juga likuid. Dana darurat harus disimpan ditempat yang aman, mudah dicairkan, dan mudah diakses.

Ada beberapa cara untuk mempersiapkan dana darurat, selain menggunakan rekening tabungan ada produk keuangan lain yang bisa digunakan untuk mempersiapkan dana darurat salah satunya adalah dengan berinvestasi di Reksa Dana pasar uang.

Rekening tabungan merupakan instrumen keuangan yang paling umum menyimpan dana darurat. Kita bisa membuat rekening baru khusus untuk dana darurat untuk menghindari  terpakainya dana darurat untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun agak disayangkan saja jika kita mempunyai dana yang cukup besar hanya disimpan di rekening tabungan saja. Bagi kamu yang mempersiapkan dana darurat namun tetap ingin berinvestasi coba untuk menggunakan produk Reksa Dana pasar uang sebagai simpanan dana darurat kamu.

 Reksa Dana pasar uang merupakan produk investasi yang cukup rendah risikonya dibandingkan dengan jenis Reksa Dana lainnya. Selain itu produk ini juga tergolong likuid atau mudah dicairkan atau diambil. Meskipun tidak secepat ketika mengambil uang di rekening tabungan, Reksa Dana ini cukup mudah dan tentu memberikan potensi tingkat imbal hasil yang tinggi jika dibandingkan dengan kita menabung di rekening tabungan saja.

Reksa Dana pasar uang merupakan Reksa Dana yang berinvestasi pada instrumen pasar uang seperti deposito dan/atau surat utang yang memiliki waktu jatuh tempo tidak lebih 1 tahun. Sehingga investasi ini cenderung relatif lebih stabil dibandingkan Reksa Dana yang lainnya.

Reksa Dana pasar uang bisa jadi pilihan bagi kita yang ingin mempersiapkan dana darurat dengan tetap berinvestasi. Bahkan saat ini kamu bisa berinvestasi Reksa Dana dengan cara online dan dengan nominal sangat terjangkau sesuai dengan kebutuhan kamu.

 Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *