Sibuk Tapi Ingin Tetap Berinvestasi? Ini Dia Tipsnya

tips-kelola-keuangan-rumah-tangga-agar-tetap-bisa-berinvestasi
Tips Kelola Keuangan Rumah Tangga Agar Tetap Bisa Berinvestasi
November 24, 2021
manfaat-investasi-reksa-dana-untuk-ibu-rumah-tangga
Manfaat Investasi Reksa Dana Untuk Ibu Rumah Tangga
December 2, 2021
Show all

Sibuk Tapi Ingin Tetap Berinvestasi? Ini Dia Tipsnya

sibuk-tapi-ingin-tetap-berinvestasi-ini-dia-tipsnya

Salah satu alasan seseorang untuk tidak berinvestasi ialah memiliki keseharian yang sibuk sehingga tidak ada waktu untuk mengelola investasi. Bukan cuma pekerja saja yang menjadikan “waktu” sebagai alasan tidak berinvestasi, ibu rumah tangga yang super sibuk maupun pebisnis juga berpikir ulang untuk melalukan investasi karena tidak adanya waktu untuk mengelola investasi. Bagaimana bisa mengelola investasi dengan waktu yang terbatas? Bagaimana jika rugi karena investasi jarang dipantau?

Sejatinya, semua orang tetap bisa berivestasi meskipun memiliki kesibukan dan keterbatasan waktu. Cuma butuh tips investasi khusus untuk orang sibuk seperti kamu bila akan berinvestasi!

  • Jangan Gunakan Utang

Tips pertama, jangan gunakan utang sebagai modal untuk berinvestasi. Gunakan idle money atau uang dingin untuk modal investasi. Apalagi bagi kamu orang-orang sibuk yang memiliki keterbatasan waktu memantau dan mengelola investasi, maka menggunakan uang dingin atau uang yang benar-benar menganggur dan tidak digunakan dalam waktu dekat adalah keharusan.

Hal ini untuk mengurangi rasa khawatir dan kepanikan jika terjadi kerugian dalam investasi. Jika uang yang kamu gunakan ialah uang yang tidak digunakan dalam waktu dekat maka kalaupun terjadi kerugian kamu tidak langsung panik namun bisa mengganti strategi investasi yang kamu gunakan.

  • Tentukan Tujuan Keuangan di Awal Investasi

Selanjutnya, meskipun kamu menggunakan uang dingin dalam investasi pastikan kamu juga sudah menentukan tujuan keuangan di awal investasi. Jika masih dalam tahap belajar investasi tentukan tujuan keuangan yang konkret dan terukur misalnya untuk beli motor atau mobil.

  • Pilih Instrumen Investasi Yang Tepat

Untuk investor bagi kamu yang super sibuk, maka disarankan memilih instrumen investasi yang cukup aman dan tidak beresiko tinggi. Terlebih bagi investor pemula yang belum memiliki pengetahuan yang luas tentang investasi. Tak perlu khawatir karena ada banyak instrumen investasi yang risikonya cukup rendah, misalnya deposito dan obligasi.

  • Pilih Investasi Reksa Dana

Tips keempat untuk kamu yang super sibuk adalah memilih Reksa Dana untuk investasi. Mengapa harus Reksa Dana? Investor yang super sibuk pasti tidak memiliki waktu luang untuk menganalisis investasi dan juga tidak bisa banyak belajar investasi karena keterbatasan waktu. Apalagi jika memilih instrumen saham yang pergerakannya cukup cepat dan sulit diprediksi.

Dengan berinvestasi di Reksa Dana, dana investasimu lebih terjamin. Mengapa? karena pada Reksa Dana, ada Manajer Investasi yang akan mengelola investasi kamu. Manajer Investasi akan berusaha memaksimal return yang kamu dapatkan dengan strategi investasi yang dirancangnya. Tentunya kamu akan dibebankan biaya atau ‘upah’ atas jasa pengelolaan investasi. Namun tenang saja, biaya ini cukup ringan dan tidak membebani portofolio kamu.

  • Luangkan Waktu Pelajari Investasi

Tips terakhir ialah tetap meluangkan waktu walaupun sebantar untuk terus belajar investasi. Meskipun dalam berinvestasi di Reksa Dana tidak mengelola portofolio secara mandiri, kamu tetap harus belajar tentang investasi. Pelajari pengetahuan dasar investasi seperti jenis-jenis investasi, imbal hasil, dan risiko mengenai masing-masing instrumen investasi.

Pengetahuan yang kamu miliki bisa membantu kamu dalam memilih keputusan dalam berinvestasi. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar investasi, bisa belajar melalui internet, membaca artikel, mengikuti seminar atau workshop hingga berkonsultasi pada ahlinya.

Pada dasarnya setiap orang bisa berinvestasi asal ada kemauan. Kesibukan dan pekerjaan yang menumpuk hanya jadi alasan, namun kamu tetap bisa mencoba dan belajar berinvestasi dengan tips-tips yang telah kita bahas. Bagaimana? Yuk berinvestasi dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *