Tips Cerdas Investasi Reksa Dana

reksa-dana-pasar-uang-bisa-jadi-dana-darurat-saat-pandemi
Reksa Dana Pasar Uang Bisa Jadi Dana Darurat Saat Pandemi
May 3, 2021
investasi-reksa-dana-rutin-jangka-panjang-lebih-untung-ini-penjelasannya
Investasi Reksa Dana Rutin Jangka Panjang Lebih Untung? Ini Penjelasannya
May 17, 2021
Show all

Tips Cerdas Investasi Reksa Dana

tips-cerdas-investasi-reksa-dana

Dalam dunia investasi, siapa yang tak kenal dengan Warren Buffett. Ia merupakan seorang investor sukses asal Amerika Serikat yang perjalanan investasinya sangat menginspirasi. Karena hampir seluruh hidupnya digunakan untuk investasi. Tentu kesuksesannya bukan suatu hal yang instan dan mudah didapatkan.

Keberhasilan investasinya tersebut tentu telah melalui banyak pelajaran yang ia lakukan. Tahukah Anda ternyata ada sosok yang menginspirasi dibalik kesuksesan Warren Buffet. Beliau adalah Benjamin Graham, seorang guru besar di bidang investasi Reksa Dana dan saham.

Berikut ini merupakan tips-tips cerdas investasi Reksa Dana ala Benjamin Graham yang juga diterapkan oleh Warren Buffet.

Pahami Kemampuan Anda

Sebelum melakukan investasi, satu hal yang sering dilupakan oleh investor adalah mengenali diri sendiri dan kemampuan diri terutama dalam hal investasi. Menurut Benjamin Graham, sebelum memulai investasi, Anda perlu memahami apakah Anda merupakan  investor yang pasif atau investor aktif.

Investor pasif ialah investor yang takut mengambil risiko ketika berinvestasi. Sedangkan investor aktif ialah investor yang berani mengambil risiko dan berkomitmen untuk menghabiskan energi serta pikiran dalam berkutat dengan investasi. Tips pertama ini sangat menentukan langkah Anda selanjutnya saat berinvestasi. Jangan sampai Anda salah menentukan langkah hanya karena Anda tidak tahu bagaimana profil risiko dan kemampuan Anda.

Pilih Portofolio Turnover Rendah

Tips lain ketika berinvestasi Reksa Dana ialah memilih Reksa Dana dengan portofolio turnover rendah. Secara singkat portofolio turnover rendah diartikan sebagai perbandingan antara nilai pembelian maupun nilai penjualan portofolio. Bagaimana caranya? Yakni dengan menganalisa Reksa Dana mana yang nilainya lebih rendah dengan nilai rata-rata dalam periode tertentu.

Pada intinya, maksud dari tips ini ialah semakin tinggi tingkat turnover Reksa dana, yang berarti semakin sering melakukan jual beli aset sehingga banyak pula biaya yang dikeluarkan dan semakin besar yang akan Anda tanggung.

Jangan Takut dengan Fluktuasi Harga

Jika ingin sukses dalam investasi maka jangan takut untuk berinvestasi terutama karena fluktuasi harga. Dalam Reksa Dana ada berbagai jenis investasi yang bisa dipilih dengan kriteria masing-masing. Ada jenis Reksa Dana yang risiko rendah yakni Reksa Dana pasar uang yang isinya deposito dan instrumen pasar uang lainnya. Namun ada juga yang sifatnya fluaktif seperti Reksa Dana saham, pendapatan tetap dan Reksa Dana campuran.

Fluktuasi harga yang terjadi di pasar sangat mungkin terjadi karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Disarankan untuk investor tidak takut akan fluktuasi harga jika ingin meraih keuntungan yang maksimal.

Pilih Biaya Investasi Yang Rendah

Tips cerdas berikutnya ialah memilih investasi Reksa Dana yang memiliki biaya investasi rendah. Meskipun tips ini tidak begitu penting karena tidak ada korelasinya terhadap performa Reksa Dana di pasaran, namun akan lebih baik jika Anda memilih Reksa Dana yang memiliki biaya rendah.

Siapkah Anda Mengambil Risikonya?

Tips terakhir dari Benjamin Graham ialah menanyakan kepada diri sendiri apakah siap untuk lebih mengambil risiko. Pada dasarnya dalam investasi risiko akan selalu berbanding lurus dengan potensi keuntungan yang di dapat. Semakin Anda berani mengambil risiko maka peluang untuk untung juga semakin besar. Itulah beberapa tips investasi Reksa Dana yang juga bisa Anda terapkan saat ingin memulai investasi. Yang terpenting dari itu semua ialah, segera mulailah mencoba investasi Reksa Dana meskipun dengan nilai nominal yang kecil sebagai pengalaman dan media belajar dalam berinvestasi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *