Tips Kelola Keuangan Rumah Tangga Agar Tetap Bisa Berinvestasi

pentingnya-investasi-reksa-dana-untuk-biaya-pendidikan-anak
Pentingnya Investasi Reksa Dana Untuk Biaya Pendidikan Anak
November 17, 2021
sibuk-tapi-ingin-tetap-berinvestasi-ini-dia-tipsnya
Sibuk Tapi Ingin Tetap Berinvestasi? Ini Dia Tipsnya
December 1, 2021
Show all

Tips Kelola Keuangan Rumah Tangga Agar Tetap Bisa Berinvestasi

tips-kelola-keuangan-rumah-tangga-agar-tetap-bisa-berinvestasi

Mengelola keuangan adalah pembahasan penting yang wajib dipahami oleh semua orang termasuk bagi Anda yang sudah berumah tangga. Mengelola keuangan rumah tangga tentu berbeda dengan mengelola keuangan saat masih hidup sendiri atau single. Karena pasti kebutuhannya pun berubah dan meningkat ketika sudah berkeluarga.

Namun, hal ini seharusnya bukan penghalang untuk tetap bisa berinvestasi. Meskipun sudah berkeluarga, Anda bisa berinvestasi dengan pengelolaan keuangan rumah tangga yang baik.

Jika sebelumnya kita membahas mengenai manfaat investasi untuk ibu rumah tangga, sekarang kita bahas bagaimana tips-tips mengelola keuangan rumah tangga agar tetap bisa berinvestasi.? berikut ini penjelasannya.

  • Biasakan Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Untuk bisa mengelola keuangan dengan baik maka hal wajib yang harus dilakukan adalah membuat pencatatan pemasukan dan pengeluaran. Hal ini dilakukan agar memberikan gambaran kondisi keuangan Anda dan  selanjutnya bisa lebih bijak dalam  mengeluarkan uang.

  • Gunakan Skala Prioritas Saat Membeli Sesuatu

Hal yang sering dilakukan dan menyebabkan kesulitan mengelola keuangan adalah tidak menggunakan skala prioritas ketika mengalokasikan uang. Ketika berumah tangga, dengan adanya skala prioritas, anda dapat mengetahui mana kebutuhan yang harus didahulukan dan mana kebutuhan yang dapat ditunda terlebih dahulu Menerapkan Gaya Hidup Sederhana

Gaya hidup atau lifestyle sering kali jadi penyebab utama kegagalan mengatur keuangan. Gaya hidup yang lebih tinggi daripada pendapatan menyebabkan Anda kesulitan mengatur keuangan dan bahkan bisa jadi alasan untuk berhutang. Jangankan untuk berinvestasi, ketika memilih gaya hidup yang berlebihan menyulitkan Anda memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar.

Dengan selalu menerapkan gaya hidup sederhana dan tidak berlebihan menjadi solusi yang tepat untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan.

  • Sisihkan Untuk Dana Darurat

Menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana darurat adalah tindakan yang bijak dalam mengatur keuangan rumah tangga. Ada banyak kemungkinan munculnya kebutuhan-kebutuhan tak terduga ketika berumah tangga, Misalnya jika tiba-tiba anak sakit, atau kebutuhan mendesak lainnya Anda bisa menggunakan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan tersebut tanpa mengganggu dana untuk kebutuhan yang lain.

  • Jangan Gunakan Utang Untuk Berinvestasi

Nah, pembahasan satu ini juga sangat penting untuk diketahui bagi Anda yang ingin berinvestasi. Yang namanya investasi adalah untuk memanfaatkan dana ‘menganggur’ yang Anda miliki agar nilainya terus berkembang. Maka dari itu, sangat tidak dianjurkan untuk berinvestasi dari dana hutang.

Anda bisa mulai berinvestasi jika kebutuhan-kebutuhan dasar dan dana darurat Anda telah terpenuhi.

  • Lakukan Investasi Secara Rutin

Jika tips-tips sebelumnya sudah Anda lakukan dengan baik maka selanjutnya, Anda bisa mencoba melakukan investasi secara rutin. Mengapa harus rutin? Ya, karena dalam investasi rutin dan konsisten adalah hal penting yang harus dilakukan untuk membentuk kebiasaan berinvestasi. Tentu lakukan investasi dengan tujuan-tujuan keuangan yang jelas.

Misalnya, mulai berinvestasi untuk tujuan keuangan biaya pendidikan anak . Anda bisa melakukan investasi sejak anak baru lahir agar ketika umur anak sudah cukup untuk bersekolah Anda memiliki cukup dana untuk membiayai kebutuhan sekolahnya dengan baik.

  • Sesuaikan Investasi dengan Profil Risiko

Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah investasi Reksa Dana. Bagi Anda yang sudah berumah tangga dan ingin berinvestasi, Anda bisa memilih investasi Reksa Dana karena investasi ini cukup mudah dilakukan, tidak membutuhkan modal besar dan bisa disesuaikan dengan tujuan keuangan dan profil Risiko Anda.

Selamat berinvestasi!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *