Tips Mengelola dan Meminimalisir Risiko Investasi Reksa Dana

reksa-dana-ribet-dan-return-kecil-benarkah-seperti-itu
Reksa Dana Ribet Dan Return Kecil, Benarkah Seperti Itu?
April 26, 2021
reksa-dana-pasar-uang-bisa-jadi-dana-darurat-saat-pandemi
Reksa Dana Pasar Uang Bisa Jadi Dana Darurat Saat Pandemi
May 3, 2021
Show all

Tips Mengelola dan Meminimalisir Risiko Investasi Reksa Dana

tips-mengelola-dan-meminimalisir-risiko-investasi-reksa-dana

Risiko merupakan hal yang pasti melekat pada investasi. Apapun jenis investasinya, risiko pasti selalu ada dan beriringan dengan return yang diperoleh. Semakin besar potensi return yang dihasilkan maka semakin besar juga risiko yang mungkin terjadi. Justru Anda harus bertanya-tanya jika ada yang menawarkan investasi namun diklaim tanpa risiko. Karena biasanya itu merupakan tanda-tanda investasi bodong.

Banyak orang yang masih enggan untuk berinvestasi karena alasan risiko. Padahal banyak juga investasi yang rendah risiko. Selain itu, dalam investasi risiko bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, namun harus dikelola dan diminimalisir. Inilah yang harus dipahami lebih dalam agar investasi dapat menghasilkan return yang maksimal.

            Reksa Dana merupakan salah satu jenis investasi yang mudah dilakukan dan setiap jenisnya memiliki risiko yang bisa sesuaikan dengan profil risiko Anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda  lakukan untuk meminimalisir risiko yang ada pada investasi Reksa Dana.

  • Kenali dan Pahami

Hal wajib yang harus Anda lakukan sebelum melakukan investasi ialah dengan mengenali dan memahami investasi yang Anda lakukan. Pelajari bagaimana Reksa Dana secara umum hingga ke bagian detail dengan cara membaca prospektus dan Fund Fact Sheet yang dikeluarkan oleh Manajer Investasi. Mengenali dan memahami Reksa Dana dengan baik merupakan modal penting untuk investasi dan meminimalisir risiko.

  • Pilih  Manajer Investasi Terbaik

Setelah Anda mengetahui dan mengenal bagaimana Reksa Dana bekerja maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih Manajer Investasi. Ada banyak sekali Manajer Investasi yang bisa kamu pilih. Ketahui track record Manajer Investasi apakah memiliki reputasi yang baik juga kredibilitas yang mumpuni. Manajer Investasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prospek investasi karena yang akan mengelola dana investasi Anda adalah Manajer Investasi.

  • Pilih Tempat Transaksi

Saat ini ada banyak sekali tempat yang bisa melakukan transaksi investasi Reksa Dana. Bukan hanya secara offline namun kini tersedia banyak platform online yang bisa melakukan transaksi jual beli dengan mudah dan praktis.. Bahkan  menjadi lebih mudah juga karena ada inovasi seperti auto debet jadi bisa rutin berinvestasi tanpa repot melakukan transaksi. Jadi, pastikan Anda memilih tempat transaksi investasi yang tepat.

  • Menyebar risiko reksa dana

Kelebihan Reksa Dana dibandingkan dengan investasi lainnya adalah diversifikasi investasi. Apa itu? Secara sederhana, diversifikasi ialah membagi dana kelolaan investasi ke berbagai instrumen. Manajer Investasi wajib melakukan diversifikasi. Jika ada efek yang mengalami penurunan nilai maka tidak 100% dana investasi Reksa Dana mengalami penurunan karena ada efek lainnya yang tetap memberikan potensi kenaikan

  • Pelajari dan Pahami Risikonya

Reksa Dana memiliki risiko. Namun bukan berarti ini menjadi hal yang membuat Anda enggan untuk berinvestasi. Perlu dipahami bahwa risiko dalam investasi harus dipelajari dan dipahami untuk bisa meminimalisir risiko tersebut terjadi. Dengan segala kemudahan dan keuntungan yang terdapat dalam Reksa Dana bisa menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan investasi. Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *