Tips Mudah dan Aman Beli Reksa Dana

mengelola-keuangan-dengan-berinvestasi-reksa-dana
Mengelola Keuangan Dengan Berinvestasi Reksa Dana
August 5, 2020
mekanisme-investasi-reksa-dana
Mekanisme Investasi Reksa Dana
August 19, 2020
Show all

Tips Mudah dan Aman Beli Reksa Dana

tips-mudah-dan-aman-beli-reksa-dana

Berinvestasi merupakan pilihan yang banyak diambil oleh masyarakat untuk mengembangkan uang yang dimilikinya. Namun sayangnya, isu negatif sering kali menerpa dunia investasi termasuk industri Reksa Dana.

Beberapa kasus menimbulkan kecemasan para investor, seperti  investasi bodong, pengelolaan investasi tanpa izin, hingga kendala mencairkan dana investasi sebagai akibat pengelolaan dana yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

Meskipun demikian, terlepas dari isu-isu negatif yang menerpa , cermat dan waspada sangat dibutuhkan sebelum Anda berinvestasi. Sebagai investor, tak perlu kuatir dan terburu-buru untuk membeli ataupun menarik dana investasi, melainkan bersikaplah cermat dengan produk-produk investasi yang Anda dimiliki.

Ada beberapa tips bagi para investor untuk menganalisa dan mencermati apakah investasi tersebut aman atau tidak. Termasuk dalam berinvestasi di Reksa Dana, gunakan beberapa tips berikut ini.

  • Cek legalitas

Langkah paling utama ketika Anda ingin memulai investasi Reksa Dana adalah pastikan legalitas Manajer Investasi, perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana, dan gerai penjualan. Anda bisa mendapatkan info mengenai legalitas melalui website reksadana.ojk.go.id..

  • Baca dan pahami Prospektus dan Fund Fact Sheet

Selain legalitas, baca dan pahami juga dokumen prospektus dan fund fact sheet sebelum memulai investasi. Mengapa? dengan membaca prospektus dan fund fact sheet Anda akan lebih mengenali instrumen yang akan Anda beli.

Prospektus memuat rincian informasi mengenai sebuah produk Reksa Dana secara lengkap, mulai dari pembentukan Reksa Dana, mekanisme transaksi, hingga pembubaran dan likuidasi Reksa Dana. Melalui Prospektus, Anda akan mengetahui Informasi dasar mengenai Reksa Dana, seperti jenis Reksa Dana, informasi mengenai Manajer Investasi, Bank Kustodian, tata cara transaksi, legalitas, hak dan kewajiban investor, biaya dan risiko, serta kebijakan pengelolaannya. Sedangkan Fund Fact sheet adalah dokumen penawaran Reksa Dana, berisikan informasi ringkas mengenai Reksa Dana. Fund Fact Sheet bisa dibilang merupakan ringkasan isi Prospektus. Pada Fund Fact Sheet inilah Anda bisa menemukan informasi mengenai kinerja historis Reksa Dana, informasi dana kelolaan, serta Informasi terkait 10 kepemilikan efek terbesar dalam portofolio Reksa Dana.Dokumen prospektus dan fund fact sheet bisa didownload dari situs Manajer Investasi atau platform penjual Reksa Dana.

  • Mulai Dari Dana Kecil

Tak perlu khawatir, karena di Reksa Dana Anda bisa berinvestasi hanya dengan Rp100 ribu, bahkan saat ini ada Reksa Dana dengan minimal investasi Rp10 ribu rupiah. Ini tentu jadi solusi bagi Anda yang ingin mencoba mulai berinvestasi tapi khawatir keamanannya. Meskipun dalam jumlah yang kecil dan minimum, justru ini bisa membuat orang lebih berani memulai investasi dengan resiko kecil.

  • Cek Manajer Investasi

Hal penting lainnya yang perlu Anda cermati adalah reputasi dan pengalaman Manajer Investasi. Siapa saja Manajer Investasi yang akan mengelola dana investasi Anda dan berapa tahun pengalaman dan pemahamannya mengenai produk investasi. Cek histori, track record Manajer Investasi tersebut, bagaimana kinerja serta reputasinya.

  • Cek Portofolio investasi dan histori kinerja Reksa Dana

Hal ini bisa Anda lakukan melalui Fund Fact Sheet. Di Fund Fact Sheet terdapat Informasi mengenai alokasi investasi, batasan investasi, 10 kepemilikan efek terbesar dalam portofolio Reksa Dana. Pada Fund Fact Sheet juga terdapat Informasi mengenai kinerja bulanan Reksa Dana dalam 5 tahun terakhir, serta kinerja Reksa Dana sejak diluncurkan sampai dengan posisi akhir Fund Fact Sheet.

  • Monitor Rutin

Untuk tahu bagaimana perkembangan dana investasi Reksa Dana, Anda bisa lakukan monitor rutin, bisa melalui platform online Manajer Investasi/APERD/gerai, bisa juga melalui fasilitas AKSes KSEI, yang sangat memudahkan para investor dalam memantau investasinya.

Monitor rutin tidak harus dilakukan setiap jam, bisa mingguan atau bulanan saja tergantung kebutuhan. Fokuslah pada tujuan investasi Anda dan jangan langsung tergiur untuk menjual kembali investasi Anda jika penurunan nilai terjadi karena fluktuasi harga pasar.

Kesimpulannya ialah sangat penting untuk melakukan analisis baik legalitas, portofolio investasi, kualitas produk Reksa Dana, hingga kepiawaian Manajemen Investasi dalam mengelola Reksa Dana. Selalu ingat bahwa Reksa Dana adalah produk investasi yang berinvestasi pada portofolio efek Pasar Modal yang nilainya terus berfluktuasi. Jadi tidak ada imbal hasil pasti dalam Reksa Dana.

Jika termasuk investor pemula, melakukan monitor dan top up secara berkala juga merupakan langkah yang bisa dipilih untuk Anda berinvestasi Reksa Dana yang aman dan nyaman. Selamat Berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *