Jadi Gagdet Geek Paling Up to Date dengan Gaji Terbatas, Investasi Aja di Reksa Dana!
April 30, 2019
Reksa Dana Semakin Populer, nih! Ini Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Reksa Dana
May 31, 2019
Show all

Trik Siapkan Dana Uang Muka untuk Beli Rumah Impian

Jika saat ini kamu sudah mulai bekerja atau berbisnis maka penting untuk mulai mempersiapkan diri berinvestasi. Di luar sana terdapat banyak pilihan investasi yang dapat dipilih, salah satunya adalah membeli rumah. Saat ini banyak terdapat iklan penawaran rumah dengan harga yang bervariasi. Bagi orang yang baru bekerja atau berbisnis tidak mungkin kita dapat membeli rumah dalam waktu dekat. Apalagi rumah yang sesuai harapan dan impian, untuk itu kita harus menabung cukup lama untuk dapat membelinya. Menabung pun tidak lantas membuat kita mampu membeli rumah secara tunai, paling tidak kita mampu membayar uang muka. Berdasarkan ketentuan yang dilakukan oleh Bank Indonesia, uang muka yang harus dibayarkan oleh pembeli rumah, minimal adalah 20% dari nilai jual rumah tersebut. Saat ini apabila kamu tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, harga rumah dengan ukuran untuk keluarga kecil rata-rata harganya berkisar Rp500 juta rupiah. Ini berarti, untuk membeli rumah tersebut, kamu membutuhkan uang muka Rp100 juta rupiah. Lalu, bagaimana cara mendapatkan dana tersebut?

Pilihan pertama yang dapat kamu lakukan adalah menabung, jika gaji kamu adalah R5 – Rp7 juta rupiah per bulan, maka kamu harus menabung setidaknya 30% dari uang gaji kamu untuk mampu membayar uang muka pembelian rumah dalam 5 tahun ke depan. Akan tetapi, ada satu hal yang harus kamu ketahui, harga rumah setiap tahunnya bisa mengalami kenaikan harga yang signifikan sedangkan, tabungan yang kamu miliki memiliki nilai tetap dan hanya bertambah kurang dari 2% dari bunga per tahunnya. Sangat kecil bukan?

Salah satu caranya adalah berinvestasi di Pasar Modal. Mungkin kamu masih berpikir bahwa investasi memerlukan modal yang besar untuk memulai, investasi memiliki risiko tinggi, dan hal-hal lainnya. Namun, jangan khawatir, saat ini ada terdapat investasi yang cukup aman, mudah dan tidak memerlukan modal besar. Investasi tersebut adalah Reksa Dana. Apakah kamu sudah pernah mendengar mengenai jenis investasi ini sebelumnya? Reksa Dana saat ini menjadi salah satu investasi yang cukup populer di Indonesia, lho! Apa saja sih keunggulannya? Hal paling mendasar yang membuat investasi ini berkembang pesat adalah kamu tidak perlu memiliki modal besar untuk memulainya. Beberapa lembaga pengelola Reksa Dana menawarkan angka investasi mulai dari Rp10.000 saja. Menarik bukan?

Bagaimana sih proses berjalannya modal yang ditanam dalam investasi ini? Dana investasi Reksa Dana akan dikelola oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi adalah perusahaan yang mengumpulkan dana investasi dari investor dan mengelola dana tersebut sehingga memberikan keuntungan bagi investor. Hal ini lah yang membuat investor Reksa Dana tidak perlu repot dalam mengelola investasinya. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh investor Reksa Dana dapat dibilang jauh lebih besar dari pada menabung, bahkan dapat mencapai 5 – 10% per tahun tergantung pada jenis Reksa Dana yang dipilih. Ada empat jenis Reksa Dana yang dapat kamu pilih yakni; Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham. Bagaimana, menarik bukan? Tidak hanya sekedar menyimpan uang, memilih berinvestasi juga bisa memberikan kamu keuntungan lebih besar dari pada menabung.

Ada beberapa hal yang harus kamu ingat sebelum memulai berinvestasi. Meskipun memiliki risiko tak sebesar investasi lainya, namun risiko tetaplah ada. Untuk mengantisipasinya, kamu harus memilih jenis Reksa Dana yang sesuai dengan kebutuhan, dan jangka waktu yang sesuai dengan tujuanmu. Kemudian, pilihlah Manajer Investasi secara cermat dan teliti. Pastikan Manajer Investasi yang kamu pilih memiliki track record yang baik, berpengalaman dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Sumber : Finansialku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *