Yuk Kenali 4 Jenis Reksa Dana Sebelum Berinvestasi

Memahami Reksa Dana Dari Prospektus dan Fund Fact Sheet
March 30, 2020
tingkatkan-manfaat-investasi-reksa-dana-dengan-strategi-ini
Tingkatkan Manfaat Investasi Reksa Dana Dengan Strategi Ini
April 1, 2020
Show all

Yuk Kenali 4 Jenis Reksa Dana Sebelum Berinvestasi

Kenali 4 Jenis Reksa Dana Sebelum Berinvestasi

Reksa Dana merupakan satu dari sekian banyak jalur investasi yang bisa Anda pilih. Dalam Reksa Dana pun terdapat 4 jenis yang bisa Anda pilih, diantaranya ialah Reksa Dana Saham, Reksa Dana Pendatapatan Tetap, Reksa Dana Pasar Uang dan Reksa Dana Campuran. Yuk kenali 4 jenis Reksa Dana, dan pastikan mana yang paling tepat untuk Anda.

Sesuai dengan Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995 (UUPM), pasal 1 ayat (27) Reksa Dana diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk kemudian diinvestasikan dalam bentuk portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Reksa Dana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang ingin berinvestasi, tetapi memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas.

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk berinvestasi di Reksa Dana, kenali dulu jenis-jenis Reksa Dana sebagai pertimbangan Anda dalam memilih Reksa Dana yang sesuai dan tepat untuk Anda.

  • Reksa Dana Saham (Equity Fund)

Manajer Investasi akan menyertakan paling tidak 80% dari aktivanya dalam bentuk Efek bersifat Ekuitas. Level risiko jenis Reksa Dana ini cukup tinggi, begitu juga imbal hasilnya yang berasal dari capital gain penjualan saham juga pembagian dividen. Tujuan dari jenis Reksa Dana ini untuk menghasilkan hasil yang tinggi dalam jangka waktu panjang. Jenis Reksa Dana ini bagus bagi investor yang sifatnya risk-seeker yang tujuannya jangka panjang dan tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga saham jangka pendek.

  • Reksa Dana Campuran (Balanced Fund)

Reksa Dana jenis ini menyertakan dananya pada Efek yang bersifat Ekuitas, Efek yang bersifat Utang dan instrumen Pasar Uang. Level risiko dan imbal hasil Reksa Dana jenis ini adalah menengah. Tujuannya adalah agar tingkat pengembalian yang moderat sesuai dengan rentang waktunya. Reksa Dana campuran bagus bagi Anda yang tujuan investasinya jangka menengah dan mampu menerima risiko dan imbal hasil yang lebih cukupbesar.

  • Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Reksa Dana pendapatan tetap umumnya 80% akan diinvestasikan pada Efek utang/obligasi yang jatuh tempo di atas 1 tahun. Disebut dengan Reksa Dana pendapatan tetap ialah karena penerbit Efek utang akan memberikan pembayaran bunga tetap pada pemegang Efek. Tujuannya ialah agar mendapatkan hasil yang stabil. Reksa Dana pendapatan tetap ini cocok untuk investor yang moderat dengan waktu investasi jangka menengah.

  • Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund)

Jenis Reksa Dana ini adalah jenis investasi yang memiliki risiko paling kecil dan dinilai paling aman. Reksa Dana pasar uang, melakukan investasi 100% pada instrumen pasar uang seperti deposito dan/atau efek berisifat utang seperti obligasi yang jatuh temponya tidak lebih dari 1 (satu) tahun. Tujuannya ialah untuk mendapatkan hasil yang stabil, menjamin kecukupan modal dan menyeimbangkan likuiditas. Bagi kamu yang tidak cukup berani mengambil risiko, jenis investasi ini sangat cocok. Kelebihannya yang lain adalah Anda bisa menjual Reksa Dana jenis ini tanpa harus membayar denda dan biaya penjualan jika ingin mencairkan uang sebelum waktu jatuh tempo.

Kenali Juga Profil Risiko Anda? Kenali dan pilih jenis Reksa Dana sesuai dengan profil risiko Anda. Setiap jenis Reksa Dana memiliki tingkat risiko yang berbeda dan imbal hasil yang berbeda pula. Lalu, Reksa Dana apa yang cocok dengan profil risiko Anda? Pertimbangkan dengan baik dalam memilih, semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *